Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Lingga, Jejak dan Warisanya dalam Tamaddun Melayu Jurnalistik  Nilai Seorang Wartawan Adalah Tulisan Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Ulang Tahun dan Menerbitkan Buku Luka Sejarah Husin Syah Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 


Home / Jurnalistik

Rida Award 2011

Pekanbaru Pos dan Dumai Pos Raih Rida Award

Senin, 18 Juli 2011 12:40 | Jurnalistik

RIDA AWARD : Chairman RPG Rida K Liamsi, CEO RPG Makmur bersama nominator dan pemenang Rida Award 2011.


BATAM (RP) - Divre Pekanbaru meraih dua penghargaan di ajang Rida Award 2011. Dua dari empat kategori berhasil dimenangkan dalam dalam Malam Anugerah Karya Jurnalistik Rida Award 2011 di Harmoni One, Batam Ahad (17/7) malam. Ini melengkapi kemenangan tim sepakbola Divre Pekanbaru yang memboyong kembali Rida Cup ke Pekanbaru.


Rida Award memberikan penghargaan untuk empat ketegori yakni karya tulis jurnalistik, karya foto jurnalistik, perwajahan koran umum, dan perwajahan koran metro. Untuk kategori karya jurnalistik Rida Award 2011 dimenangkan Saidul Tombang dari Pekanbaru Pos, dengan tulisannya berjudul ‘’Kami Laskar Pendayung dari Desa Melebung’’. Saidul mendapatkan hadiah Rp25 juta. Untuk kategori foto jurnalistik, pemenangnya Ira Widana dari Dumai Pos. Foto Ira berjudul ‘’Kesedihan Lintang’’ mengalahkan empat nominasi lain.

Dari empat ketegori itu, kategori perwajahan merupakan nominasi baru dalam penghargaan Rida Pekanbaru Pos dan Dumai Pos Raih Rida Award

Halaman muka Batam Pos edisi 17 Juni 2011 meraih penghargaan Rida Award 2011 untuk kategori perwajahan koran umum. Sementara untuk ketegori perwajahan koran metro, pemenangnya adalah Pos Metro Batam. Batam Pos dan Pos Metro mendapatkan hadiah Rp10 juta.

Chairman Riau Pos Group Rida K Liamsi mengatakan, para juri yakni Rida K Liamsi, Armawi KH, Amzar sempat berdebat panjang sebelum memutuskan para pemenang penghargaan. ‘’Untuk ketegori perwajahan, kami menilai dari sisi komposisi, grafis, dan lainnya,’’ tukasnya. Pembukaan malam Rida Awards 2011 di Harmoni One tadi malam diawali dengan atraksi karate dojo binaan Batam Pos, dilanjutkan dengan tarian selendang.

CEO Riau Pos Media Group Makmur mengatakan malam istimewa tersebut, yakni 17 Juli, bersamaan dengan ulang tahun Rida K Liamsi. ‘’Perayaan Rida Award kali ini sangat berkesan, belum pernah semeriah ini. Ini nilai bagus dari Divre Batam pimpinan Marganas Nainggolan dan ketua Panitia Socrates,’’ ujar Makmur. Ide Rida Award ini digagas langsung Rida K Liamsi. Esensi dari penghargaan ini adalah menumbuhkan semangat bagi wartawan supaya berkualitas, dan mampu menghasilkan karya jurnalistik yang mampu menyajikan berita berkualitas dan memberikan harapan bagi pembacanya.

Selama lima tahun berturut-turut, selain memberikan penghargaan di bidang jurnalisme, juga dilaksanakan pertandingan sepak bola Rida Cup dalam bidang olahraga. ‘’Harapan sebagai tuan rumah menjadi juara tahun ini, Pak Marganas tidak perlu kecewa, karena yang juara adalah divre Pekanbaru sebagai induk dari semua divre ini,’’ ujarnya.

Rida K Liamsi dalam sambutannya mengatakan, malam anugerah Rida Award merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan Riau Pos group di Batam. ‘’Kita ingin, mari bersama membesarkan surat kabar kita. Ada pernyataan, musuh besar dari surat kabar adalah wartawannya sendiri. Mereka membunuh saat mereka memberitakan ketidakpastian, kesedihan, tak punya harapan. Maka itu akan cepat ditinggalkan pembacanya, itulah akhir dari surat kabar,’’ ujarnya.

Rida juga mengatakan, malam kebersamaan yang digelar Divre Batam saat ini besar dan meriah, serta mampu membangun sebuah kebersamaan dan harapan. Betapa bangga jadi wartawan yang membangkitkan semangat masa depan. ‘’Saya bangga, bukan orang lain yang buat kita besar, tapi kebersamaan kita,’’ ujarnya. Menurut Rida, media cetak bertahan dalam dua hal yakni kualitas liputan dan hasil cetak. Jika keduanya bagus, sebuah media takkan terkalahkan oleh media lain. ‘’RPG adalah koran regional yang pernah memenangkan Adiwarta Sampoerna, Muchtar Lubis award, dan Adinegoro,’’ ujarnya.(cha/rpg/gus)



++ Lainnya »

++ Indeks »