Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Lingga, Jejak dan Warisanya dalam Tamaddun Melayu Jurnalistik  Nilai Seorang Wartawan Adalah Tulisan Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Ulang Tahun dan Menerbitkan Buku Luka Sejarah Husin Syah Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 


Home / Jurnalistik

Rida Award 2012 Jadi 5 Kategori

Minggu, 08 Juli 2012 10:36 | Jurnalistik

PEKANBARU (RP)- Setelah melalui seleksi dan penilaian terhadap seluruh karya jurnalistik Riau Pos Group (RPG), Dewan Juri Rida Award 2012 akhirnya menetapkan para nominator Rida Award 2012. Kategori nominator yang diperlombakan pada Rida Award tahun ini mengalami penambahan dari empat menjadi lima kategori. Yakni Karya Jurnalistik Foto, Perwajahan Koran Umum, Perwajahan Koran Metro, Karya Jurnalistik Kategori Features dan Karya Jurnalistik Investigasi/Depth News yang baru diikutsertakan tahun ini.

Pada proses penjurian, dewan juri menyeleksi dan menilai semua karya jurnalistik yang masuk kemudian dikelompokkan sesuai kategori.

Hasilnya, ada tujuh nominator di kategori Karya Jurnalistik Foto, tujuh untuk Perwajahan Koran Umum, empat di Perwajahan Koran Metro, tujuh Karya Jurnalistik Features dan delapan Karya Jurnalistik Investigasi/Depth News (selengkapnya lihat tabel).

Mengenai pemecahan kategori paling bergengsi ini, Dewan Juri Kazzaini Ks mengatakan, RPG benar-benar ingin melahirkan karya jurnalistik yang lebih mendalam. ‘’Karya tulis jurnalistik feature akan mengarah pada karya yang lebih humanis, mengandung nilai human interest. Untuk karya jurnalistik investigasi, karyanya lebih lengkap menelusuri suatu permasalahan. Kita mengharapkan bagaimana wartawan benar-benar mendalami suatu permasalahan dan betul-betul terlihat terjun di lapangan untuk kategori investigasi ini,’’ jelas Wakil Direktur Riau Pos ini.

Kazzaini menjelaskan, dari proses penilaian tahun ini terlihat media-media di lingkungan Riau Pos Group makin serius dengan karya-karya yang dikirimkan. Beberapa media terlihat benar-benar mempersiapkan karya yang berkualitas untuk ikut di ajang ini. Itu wajar, karena ada belasan media di bawah bendera RPG yang tersebar di Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar) dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

‘’Ukuran prestasi wartawan ditentukan oleh karyanya. Kita harap, dengan pemisahan kategori karya jurnalistik ini, jurnalis dapat lebih mendalami karya tulisnya, hingga menghasilkan tulisan yang berkualitas,’’ lanjutnya. 

Kazzaini menambahkan, pada karya-karya kategori Perwajahan Koran juga mengalami peningkatan kualitas. Mereka berkesimpulan, koran kini lebih kreatif dalam mengolah tampilan halaman. Ini tercermin pada perwajahan halaman depan yang masuk nominasi kategori ini, baik koran umum maupun koran metro. ‘’Tahun ini ada 33 karya yang masuk nominasi,’’ tutur Kazzaini.

Panitia Pelaksana Rida Award, H Yurmalis Khatib menambahkan, para nominator yang sudah diumumkan selanjutnya akan dinilai kembali dan dipilih pemenangnya untuk masing-masing kategori.

Pengumuman pemenang karya jurnalistik Rida Award 2012 akan dilaksanakan, Senin (9/7) malam di Hotel Pangeran Pekanbaru bersamaan dengan Rapat Evalusi Riau Pos Group Semester 1 tahun 2012. Rapat ini akan dihadiri pimpinan media se-Riau Pos Group, seluruh nominator Rida Award serta redaktur pelaksana dan koordinator liputan se-Riau Pos Group Divre Pekanbaru.

‘’Pada malam itu akan diserahkan penghargaan pada para pemenang masing-masing kategori. Di waktu bersamaan juga diserahkan hadiah Rida Cup yang Ahad ini akan menjalani partai final di lapangan Baterai P Panam,’’ kata Yurmalis.(h)


++ Lainnya »

++ Indeks »