Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Wapres Jusuf Kalla Bersedia Hadir Pada Acara Perhelatan Tamadun Melayu Antar Bangsa di Lingga Jurnalistik  Dua Tokoh Pers Raih Anugerah, Ramon Moderator Nasional Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Gubernur Kembali Cari Klub di Liga 2 Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 

MAKALAH

Download

Download

Home / Sosial

Yayasan Sagang Beri Apresiasi Karya Seniman dan Budayawan

Senin, 01 Juli 2013 10:21 | Sosial

PEKANBARU (RP) — Yayasan Sagang kembali membuka peluang sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk mengusulkan seniman dan budayawan sebagai nominator anugerah sagang 2013.

Ini dilakukan sebagai apresiasi atas karya dan kerja keras para pecinta seni di bumi melayu lancang kuning.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Yayasan Sagang, Kazzaini Ks, Ahad (30/6) di Pekanbaru. Menurutnya, panitia sudah memulai persiapan untuk kembali menganugerahkan penghargaan tertinggi kepada seniman dan budayawan sesuai kategori penilaian.

‘’Tahun 2013 ini kami akan menyelenggaran Anugerah Sagang. Untuk itu, kita mengimbau kepada masyarakat yang peduli akan pengembangan seni dan budaya melayu agar dapat memberikan usulan,’’ papar Kazzaini.

Untuk katagori Anugerah Sagang 2013, dia mengatakan kategori yang dinilai tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana, tujuh kategori masih akan menghiasi apresiasi budaya yang sudah masuk ke tahun 19 tersebut.

Katagori Anugerah Sagang 2013 antara lain seniman/budayawan pilihan Sagang, buku pilihan Sagang, karya non-buku pilihan Sagang, institusi lembaga seni budaya pilihan Sagang dan seniman/budayawan serantau pilihan Sagang.

Selain itu katagori lainnya adalah karya jurnalistik budaya pilihan Sagang dan karya penelitian budaya pilihan Sagang.

‘’Para seniman/budayawan, buku, karya nonbuku, institusi/lembaga, seniman/budayawan serantau, karya jurnalistik budaya dan karya penelitian budaya yang diusulkan atau mencalonkan diri. Segera mengirimkan usulan beserta data yang diperlukan ke Panitia Anugerah Sagang 2013 paling lambat 31 Agustus 2013. Usulan bisa dikirim ke Gedung Riau Pos Group, lantai 2 Jalan H Subrantas Km 10,5 Pekanbaru,’’ jelasnya.

Dari beberapa katagori tersebut, tambah Kazaini memberikan peluang kepada seniman dan budayawan untuk mendapatkan apresiasi atas hasil karyanya. Sehingga, dapat menjadi catatan sejarah dalam pengembangan budaya sebagai warisan sejarah.

Dia menilai apresiasi masyarakat setiap tahunnya semakin baik. Ini terlihat dengan sering munculnya nama-nama baru dengan karya yang berkualitas.

Kondisi tersebut diharapkan dapat terus bekembangan dalam memperkaya khasanah budaya melayu di Riau.

‘’Berbekal pengalamam 18 kali menyelenggaraan Anugerah Sagang. Kami berharap untuk tahun ini, apresiasi masyarakat dapat lebih meningkat. Sehingga, komitmen dalam menghasilkan karya-karya budaya terbaik terus terwujud,’’ ujar Kazzaini yang juga Ketua Dewan Kesenian Riau itu.(rio)


++ Lainnya »

++ Indeks »