Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Junaidi Syam Seniman/ Budayawan Pilihan Sagang Jurnalistik  Dua Tokoh Pers Raih Anugerah, Ramon Moderator Nasional Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Gubernur Kembali Cari Klub di Liga 2 Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 

MAKALAH

Download

Download

Home / Bisnis

RIAU POS DIDOAKAN LEBIH BESAR LAGI

Ratusan Ribu Warga Ramaikan Panggung Hiburan Masyarakat Madani

Minggu, 24 Januari 2016 11:09 | Bisnis

Panggung Hiburan Masyarakat Madani sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Riau Pos ke 25 jadi pestanya masyarakat Kota Pekanbaru. Digelar di 25 titik serentak, gelaran ini dipadati ribuan orang masyarakat setempat. Dikarenakan dari Pekanbaru Riau Pos berkembang maka pada masyarakat Pekanbaru hiburan dipersembahkan. Riau Pos dianggap aset penting untuk mengembangkan masyarakat.


RIAUPOS.CO  -  Panggung Hiburan Masyarakat Madani adalah malam hiburan rakyat yang dipersembahkan bagi masyarakat Pekanbaru hasil kerjasama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersama Harian Riau Pos dan media yang tergabung dalam Riau Pos Group yakni harian Pekanbaru Pos, Pekanbaru MX, Dumai Pos, Posmetro Mandau, Posmetro Rohil, Pos Metro Indragiri, Riau Televisi dan Percetakan Riau Graindo.

Panggung hiburan mengambil tempat di 25 titik tersebar di 12 kecamatan di Kota Pekanbaru. Di Kecamatan Tampan lokasi yang dipakai adalah Lapangan Muhajirin RT 04/RW 09 Jalan Muhajirin Sidomulyo Barat, Lapangan Mesjid Al Munatsir Jalan Melati, Lapangan Masjid Nurul Jannah Jalan Ciptakarya, Lapangan Giant Jalan Soebrantas.

Sementara di Marpoyan Damai diadakan di Lapangan Fasum Perum Beringin Indah, Lapangan Fasum Perum Griya Sidomulyo Nusantara Jalan Garuda Raya Simpang Bangau, Lapanga Volly RW 06 Jalan Tapah. Untuk Bukitraya panggung hiburan berada di Lapangan Bola Jalan Pasir Putih, Lapangan Bola Jalan Rawabening, Halaman Mesjid An Najah Jalan Sakuntala.

Di Rumbai Pesisir masyarakat datang ke Jalan Sembilang Depan Kantor Lurah Limbungan, Pasar Rumbai Jalan Sekolah/Khayangan. Tenayan Raya di Lapangan Bola Satria Jalan Singgalang, Lapangan Sepakat Jalan Lintas Pekanbaru-Pangkalan Kerinci dan Senapelan di Lapangan Asun Kampung Baru, Lapangan Kantor Lurah Padang Bulan Jalan Cempaka.

Untuk Kecamatan Sukajadi kegiatan dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Jalan Ahmad Yani, Lapangan Bustanud Diana Jalan Lili II, Payung Sekaki di Lapangan TVRI Jalan Durian, Lapangan Iskandar RW 1 Jalan Permata 1 dan Rumbai di Lapangan Kantor Camat Jalan T Kasim Perkasa, Lapangan Jalan Kartika Kelurahan Umban Sari.

Sementara di Pekanbaru Kota hiburan berpusat di Lapangan RRI Jalan Sudirman, Sail di Lapangan Bola Jalan Hang Jebat dan terakhir di Kedamatan Limapuluh di Lapangan Jalan Tg-Batu Simpang Sultan Syarif Kasim (Tanah Kosong).

Dari seluruh lokasi, panggung hiburan utama terletak di Lapangan Bola Satria Jalan Singgalang Kelurahan Tangkerang Timur Tenayan Raya. Disini, masyarakat sudah mulai ramai berdatangan sejak pukul 19.00 WIB, Sabtu (23/1).

Di lokasi, lapangan bola yang digunakan disulap serupa karnaval dengan tiga panggung utama dan enam tenda bazar serta satu tenda utama bagi masyarakat yang hadir. Pada tiap tenda, pertunjukan  kesenian disajikan bagi masyarakat.’’Ada orgen tunggal, campur sari, saluang, dan randai pangean. Ini adalah acara yang kami idam-idamkan, Terimakasih pada Riau Pos dan Pemerintah Kota,’’ kata Ketua Panitia Pangung Hiburan di Jalan Singgalang Menhori.

‘’Ada 5000 orang yang hadir. Alhamdulillah kita dipercaya sebagai pusat penyelenggaraan ini. Selain memberikan hiburan pada masyarakat, pada kegiatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis rumah layak huni sebagai 45 unit untuk di kecamatan Tenayan Raya. Kita di Tangkerang Timur mendapat 12 unit,’’ kata Lurah Tangkerang Timur Aswad saat ditemui di lokasi mendampingi Camat Tenayan Raya Abdurrahman.

Di Tangkerang Timur sebagai pusat kegiatan, Wali Kota (Wako) Pekanbaru DR Fidaus ST Mt tiba pukul 22.00 WIB.  Kedatangannya disambut tabuhan musik kompang. Wako tiba di lokasi didampingi CEO Riau Pos Group Makmur SE Ak MM, GM Pekanbaru Pos Yurmalis Khatib, Kapolsek Tenayan Raya Kompol Indra Rusdi beserta jajaran pejabat Pemko. Rombongan ini disambut Camat Tenayan Raya Abdurrahman, serta pimoinan DPRD Riau Hasmi Setiadi, anggota DPRD Kota Pekanbaru Marlis dan Mas Heri, serta tokoh masyarakat Suradi Paijan.


CEO RPG Makmur dalam sambutannya mengatakan, iven besar ini diniatkan karena Wako dengan visi dan misinya ingin menjadikan Pekanbaru sebagainkota metropolitan yang madani.’’Sehingga pada ulang tahun ke 25 ini Riau Pos merasa berkewajiban turut menyukseskan program yang sudah direncanakan Pak Wali dan jajaran,’’ katanya.

Diadakannya kegiatan di 25 titik sesuai dengan HUT ke 25 Riau Pos.’’Kami memilih melaksanakan panggung hiburan karena kami menyadari masyarakat Pekanbaru adalah pembaca utama kami, 60 persen dari seluruh pembaca,’’ lanjutnya.

Dari Pekanbaru pula, setiap hari Riau Pos menyampaikan informasi yang bisa  mengedukasi, menjadi alat komunikasi dan tempat berpromosi. ’’Kontribusi luar biasa kami peroleh di Pekanbaru menjadikan kami tumbuh menjadi besar. Dari Pekanbaru, di Sumatera satu-satunya grup perusahaan yang berkembang hingga berbagai daerah,’’ tuturnya.

Pada annual meeting Jawa Pos Group yang baru saja dilakukan, anak perusahaan Riau Pos, Riau Televisi menjadi tv lokal terbaik se Indonesia.’’Ini juga kontribusi luar biasa dari masyarakat Pekanbaru terutama Pak Wali nya. Tanggal 25 nanti akan ada juga acsra di SKA Co Ex, kami juga memberikan beberapa penghargaan bagi Wako dan Bupati se riau, Pak Wali kita tidak ketinggalan dengan award yang akan kami bagikan,’’ lanjutnya.

Usai meyampaikan sambutan, CEO RPG ini kemudian melakukan pemotongan kue HUT ke 25 Riau Pos bersama Wako. Potongan pertama diberikan pada Wako yang kemudian menyerahkan pada tokoh masyarakat Suradi Paijan. Lalu potongan kedua diberikan pada Camat Tenayan Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis rumah layak huni oleh Wako.

‘’25 tahun Riau Pos sudah banyak yang dibuat. Sebagai sebuah perusahaan, RPG adalah aset bagi kita, masyarakat dan pemerintah Kota Pekanbaru. Sebuah media lokal yang dapat mengembangkan diri menjadi media yang berkiprah secara nasional,’’ kata DR Firdaus ST MT.


Wako medoakan, di usia yang ke 25 ini Riau Pos dapat terus tumbuh dan berkembang lebih besar lagi.’’Sehingga kita dapat membanggakan koran yang berasal dari Pekanbaru. Terimakasih Pak Rida K Liamsi, seorang putera Riau terbaik yang sangat saya kagumi, budayawan, seniman, dan enterpreneur yang kita banggakan,’’ lanjutnya.

Camat Marpoyan Damai Tri Sepnasaputra SSTp MSi yang turut hadir saat acara mengatakan, di wilayah kecamatannya ada tiga lokasi penyelenggaraan pesta rakyat madani. Dari ketiga lokasi tersebut memiliki ciri khas masing-masing dalam pengemasan acaranya. Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sebagai salah satu ajang hiburan dan silaturahmi antar masyarakat juga dengan pemerintah.

Di Jalan Tapah RT04/RW06 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai. Sejak ba’da Isya ratusan masyarakat sudah berduyun-duyun memenuhi lokasi acara. Kegiatan semakin meriah ketika disela-sela acara diisi dengan penampilan tari kreasi dari anak-anak dilingkungan kelurahan. Dalam kegiatan itu dihadiri oleh Lurah Tangkerang Barat Edi Wardilah MPd, Kepala Dinas Bina Marga Pekanbaru Zulkifli, Wapemred Riau Pos M Amin dan beberapa orang ketua RW.

“Kami berharap kegiatan seperti dapat terus dilaksanakan dan dikemas lebih meriah lagi. Kepada Riau Pos kami ucapkan selamat dan terus sajikan informasi demi memberikan pendidikan kepada masyarakat,” kata Lurah Tangkerang Barat Edi Wardilah.

Kantor Camat Sukajadi sebagai salah satu dari 25 lokasi panggung hiburan rakyat madani memperingati puncak hari jadi Riau Pos ke 25, acara menyuguhkan berbagai jajanan khas tradisional melayu, dan pernak pernik hasil kerajinan tangan di stand yang disediakan.

Camat Sukajadi Yuliarso yang mewakili Wako Pekanbaru Firdaus ST MT, serta pihak Kelurahan di lingkungan Kecamatan Sukajadi. Kemudian perwakilan CEO Riau Pos Grup H Makmur Kasim SE Ak MM hadir adalah GM Riau Pos Online Raja Isyam Azwar.

“Kemeriahan ini harus terus dipupuk dalam menjaga keamanan dan ketenteraman di tengah masyarakat. Sehingga pembangunan kota yang madani bisa diwujudkan, mewakili Pak Wali saya mengucapkan selamat ulang tahun Riau Pos,” ujar Yuliarso.

Diharapkan bisa menjadi media silaturahmi, dan menyampaikan program Pemko kepada masyarakat. 25 tahun Riau Poss berdiri, dakan terus memberikan edukasi dan mencerdaskan pembaca. Karena keberadaan pembaca setia sebagai penentu, untuk mewjudkan visi misi kota Pekanbaru ini

Dalam kesempatan tersebut hadir Wako Pekanbaru diwakili Kepala Inspektorat Pekanbaru Yusrizal, Camat Sukajadi diwakili Lurah Kedung Sari, Junaidi, Kapolsek Sukajadi, dan perwakilan Pemko serta pihak Kecamatan dan Kelurahan. Kemudian mewakili Riau Pos hadir CEO Riau Pos Grup diwakili Pemred Ekspresi Riau Pos Helfizon Assyafei.

Wako Pekanbaru melalui Kepala Inspektorat Kota Pekanbaru Yusrizal terlebih dahulu mengapresiasi kegiatan yang digelar Riau Pos.   “Harus menjadi media yang memiliki kapabilitas dalam mencerdaskan masyarakat. Sebagai media informasi yang edukatif di kota Bertuah ini. Pekanbaru juga, dalam pembangunan dan menjalankan programnya, harus ada dukungan dan stimulus dengan media yang ada. Selamat ulang tahun Riau Pos,” katanya.



Di Senapelan Diramaikan Barongsai

Di Kecamatan Senapelan, ada dua tempat pelaksanaan Pesta Rakyat Madani. Pertama di Kantor Lurah Padang Bulan di Jalan Cempaka. Disini, pada pukul 19.00 WIB sudah disesaki warga sekitar kantor tersebut. Papan bunga dan ucapan berjejer sepanjang jalan di depan kantor. Masyarakat dan juga pegawai kelurahan juga secara bergantian bernyanyi menjelang Camat dan Lurah datang.

Di lapangan Asun hadir Camat Senapelan Hj Lili Suryani SSos MSi. Sekitar pukul pukul 20.00 WIB, pesta rakyat dibuka dengan penampilan barongsai.

Warga Tionghoa yang kebetulan ramai tinggal di kawasan Kecamatan Senapelan meramaikan acara. Pemain Barongsai dari Muda-mudi Tri Dharma ini merupakan persembahan dari Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP). Sekjen IKTP Khusdcono SH MKn juga terlihat hadir menyambut General Manager (GM) Riau Pos Zulmansyah Sekedang yang juga hadir di lokasi.

Aksi barongsai di lokasi ini makin meriah karena didampingi dengan tarian-tarian yang dibawakan putra-putri warga sekitar. Mereka mengenakan baju dengan warna-warna cerah yang yang mencuri perhatian. Camat Senapelan Hj Lili Suryani SSos MSi mengatakan, pesta rakyat ini benar-benar harus bisa dinikmati oleh rakyat.

Di Lapangan Kelurahan Kulim hadir Asisten II Pemko Pekanbaru Ir Dedi Gusriadi MM, Lurah Kulim M Zakir, Pemimpin Redaksi Riau Pos Asmawi Ibrahim, Babinsa, Ketua LPM, dan juga tokoh masyarakat untuk masyarakat Kulim.

Dalam sambutannya, Asmawi mengatakan, masyarakat Kelurahan Kulim dapat memeriahkan acara ini tidak terlepas dari peran serta Lurah Kulim yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dan juga Koran Riau Pos. “Saat ini usia Riau Pos sudah 25 tahun. Ibarat seorang anak laki-laki, maka dia sudah boleh untuk menikah dan sudah boleh punya anak,” ungkapnya.(ali/sol/egp/end/lim/dik/n/a/ksm/t/l/luk/hsb)


++ Lainnya »

++ Indeks »