Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Wapres Jusuf Kalla Bersedia Hadir Pada Acara Perhelatan Tamadun Melayu Antar Bangsa di Lingga Jurnalistik  Dua Tokoh Pers Raih Anugerah, Ramon Moderator Nasional Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Gubernur Kembali Cari Klub di Liga 2 Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 

MAKALAH

Download

Download

Home / Bisnis

Entrepreneur Sejati itu Bijak dan Cerdas

Minggu, 14 Februari 2016 10:13 | Bisnis

Sebagai salah satu pengusaha media yang sukses di Riau, Chairman Rida K Liamsi diminta untuk langsung menularkan ilmu kepada ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Kegiatan yang dikemas dalam seminar kewirausahaan

“Membangun jiwa wirausaha muda” tersebut dihadiri ratusan mahasiswa, Sabtu (13/2).

Dalam pemaparan materinya, Rida K Liamsi mengatakan, bahwa semua orang bisa menjadi seorang entrepreneur dan semua orang itu memiliki bakat untuk menjadi entrepreneur. Untuk memulai menjadi entrepreneur, menurutnya hanya tinggal membangkitkan jiwa berwirausaha tersebut. Menurutnya, seorang entrepreneur sejati itu, bijak dan cerdas dalam mendayagunakan potensi serta keunggulan sumber daya sekitarnya.

Intinya bagaimana dia bisa me-manage atau mengelola sumber daya yang ada didepannya dengan baik.

“Semua orang punya waktu 24 jam, tapi siapa yang bisa mengelola waktu degan baik itulah yang akan sukses. Seorang entrepreneur sejati itu, bisa menemukan momentum yang tepat bila sebuah gagasan akan dimulai,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, sukses yang terhebat adalah bila sebuah ide yang cemerlang datang pada saat yang tepat, diwujudkan segera, dengan semangat juang kuat kerja keras dan cerdas.

“Seorang entrepreneur sejati itu, jeli menangkap peluang dan peluang yang baik itu hanya datang pada orang yang berfikiran positif,” ujarnya.

Sementara Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi mengatakan, UMRI sebagai salah satu Universitas terkemuka memiliki mimpi besar untuk menjadikan mahasiswa lulusannya bukan hanya sekedar menyandang gelar sarjana dan pencari kerja. Namun juga menginginkan lulusan UMRI  menjadi para pencipta kerja dan entrepreneur.

“Kami ingin mahasiswa lulusan UMRI bukan mencari kerja tapi membuat kerja, pencipta lapangan kerja. Jadi jangan pencari kerja, kami juga mempunyai program kewirausahaan yang melibatkan lima fakultas yakni Fakultas ekonomi, Teknik, Mipa, Kesehatan, Komunikasi dan Komputer,” ujarnya.

Dalam kegiatan seminar tersebut juga mengadirkan pengusaha-pengusaha sukses di Riau lainnya juga sebagai narasumber seperti Owner Kaona Eka Rahman, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Pekanbaru Drs Ingot Ahmad Hutasuhut. Juga dihadiri oleh Ketua PW Muhammadiyah Riau Wan Abu Bakar. Dalam kegiatan saat itu juga diberikan diberikan penghargaan kepada para pemenang entrepreneur award, dan kepada para pemenang Preskom RPG Rida K Liamsi juga memberikan bantuan modal untuk mengembangkan usaha.

Kegiatan pemberian entrepreneur award yang baru pertama kali dilakukan, disambut antusias mahasiswa. Hal itu terbukti dengan hadirnya ratusan mahasiswa dan juga perwakilan beberapa Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) di Pekanbaru. Ketika satu persatu narasumber memberikan materinya, ratusan pasang mata saat itu langsung tertuju pada sumber suara.

Salah seorang panitia kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Desliana Dwita SIP MI Kom mengatakan, pada angkat ke IV ini ada 49 kelompok yang mengikuti PMW dimana dari 49 kelompok tersebut ada 10 yang masuk nominasi UMRI Entrepreneur Award.

“Dari 10 ini akan dicari lima terbaik untuk diberikan penghargaan dan bingkisan sebagai motivasi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMRI dan seponsor. Ini yang pertama dan tahun selanjutnya akan menjadi agenda rutin untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa,” jelasnya.

Tidak hanya memberikan ilmu baru, kegiatan tersebut juga sangat berkesan bagi para mahasiswa. Tak ayal ucapan terimasih disampaikan oleh para pemenang UMRI Entrepreneur Award.(sol)




++ Lainnya »

++ Indeks »