Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Lingga, Jejak dan Warisanya dalam Tamaddun Melayu Jurnalistik  Nilai Seorang Wartawan Adalah Tulisan Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Testimoni Untuk Buku Marhalim Zaini Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 

MAKALAH

Download

Download

Download

Home / Aktifitas

Endrosnent untuk buku puisi Abdul Kadir Ibrahim : Jika Laut Dinyalakan

Rabu, 01 Januari 2020 12:07 | Aktifitas



Laut dan sejuta misterinya , adalah darah dan nadi puisi Abdul Kadir Ibrahim. Dari deru gelombang  , dari oleng kolek dan sampan , dia menimba inspirasi untuk puisi-puisinya . Karena itu puisi-puisinya seperti deru ombak,  seperti deru angin. Bernyanyi dan menggelegar. Bukan hanya pada diksi dan pilihan metafor nya , tapi juga dalam bentuk dan typographi puisi-puisinya.

Akib begitu panggilan akrab Abd Kadir Ibrahim , karena itu singkatan namanya , juga sangat  melayu. Dia lahir di gugusan pulau Tujuh ( Anambas dan Natuna sekarang ) , karena itu puisi-puisi nya seakan  Samudera  kata kata Melayu yg sudah menjadi kata arkais . Tetapi di dalam  puisi Akib kata-kata  itu seakan hidup dan berhamburan mencari para penuturnya dan membuat  puisi-puisinya itu mudah dipahami oleh komunitas budaya lain.

Jika ada yang secara sungguh-sungguh menyelongkar  kata-kata melayu dari puisi puisi  Akib itu , maka akan ada sebuah senarai kata-kata lama yang sangat kaya dengan latar dan sentuhan budaya melayu. Alam Melayu sangat  beruntung punya seorang penyair bernama Akib karena dengan puisi -puisi nya itulah negeri Segantang  Lada atau kawasan maritimnya yang dijuluki Segara Sakti Rantau Bertuah ini menjadi ingatan dan  catatan perjalanan budaya Melayu di tengah pertembungan dengan budaya dunia lainnya.

Kelebihan lain penyair ini , karena latar belakang pendidikannya adalah Institut Agama Islam, maka nafas islami dalam balutan  sastra Melayu, menjadi warisan  budaya yang  sangat berharga . Itulah yang sudah disumbangkan  Akib melalui puisi puisinya. Tabik !


++ Lainnya »

++ Indeks »