Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Lingga, Jejak dan Warisanya dalam Tamaddun Melayu Jurnalistik  Nilai Seorang Wartawan Adalah Tulisan Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Testimoni Untuk Buku Marhalim Zaini Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 

MAKALAH

Download

Download

Download

Home / Aktifitas

Siasat (Sehimpun Esai Ihwal Dunia Puisi)

Testimoni Untuk Buku Marhalim Zaini

Sabtu, 18 Januari 2020 15:40 | Aktifitas



Siasat adalah kumpulan essai tentang  penyair dan puisinya. Penyair, puisi dan kehidupan sosial  yang mengepungnya. Dan ditulis oleh seorang penyair dan salah satu penyair handal di Indonesia.


Penyair yang  sangat  diperhitungkan di negeri  tempatnya bermastautin, lahir dan dibesarkan, yaitu Riau negeri sahibul kitab. Demikianlah , Marhalim Zaini, sang penyair, menulis dan memotret dirinya dan dunia kepenyairan yang dijalaninya dengan setia, meskipun latar belakang pendidikannya adalah teater moderen. Tetapi karena ianya seorang  esais, dan juga seorang penulis  kritik yang tajam, maka dia bisa berdiri di luar pagar keornyairan dan perpuisian, bersama pisau bedahnya menyayat dan membedah isi kehidupan puisi dan penyair di Indonesia dengan mengambil perbandingan dengan berbagai  dunia  puisi dan kepenyairan dunia.

Marhalim berhasil  menghidangkan sebuah perenungan yang puitis tentang puisi dan kepenyairan itu. Tetap objektif dan tetap realistis dengan renungannya. Tulisan-tulisan ini adalah tulisan yang dengan rajin dan disiplin ditulisnya di ruang tetapnya di harian Riau Pos  edisi Minggu yang menyediakan  halaman  sastera dan budaya. Sebagai tulisan essai , Marhalim berhasil menghidangkannya dengan  kaidah essai yangb baik. Terbuka  untuk diperdebatkan, dan selalu menyisakan hentakan dan ruang untuk dipertanyakan. Shabas !
 Rida K Liamsi. ( Penyair )


++ Lainnya »

++ Indeks »