Bisnis  RDK Gandeng Saudagar Melayu Budaya  Sejarah Melayu sebagai Sumber Karya Kreatif Jurnalistik  Peletak Dasar dan Pelopor Industri Pers di Indonesia Sahabat  Puisi dari Komunitas Penyair Asean - Korea Aktifitas  Karya Rida K Liamsi Jadi Acuan untuk Generasi Masa Depan Profil  Sebesar Apa Naga dalam Diri Kita

Rida mungkin telah ditakdirkan menjadi Raja Media di Sumatera Bagian Utara. Sukses dengan bisnis media, Rida seperti menggelinding ke dunia bisnis .Meski begitu sibuk degan berbagai kegiatan kewartawanan dan juga bisnisnya, ternyata Rida tak pernah lepas dari dunia kesusastraan dan perhatiannya terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Melayu
 


Home / Jurnalistik

Jacob Oetama di Mata Rida K Limasi

Peletak Dasar dan Pelopor Industri Pers di Indonesia

Senin, 14 September 2020 09:40 | Jurnalistik

Jacob Oetama


Sebagai sesama orang pers, kepergian Jacob Oetama membawa duka mendalam. Pendiri Kompas Group ini pergi untuk selamanya, Rabu (9/9/2020).

 

Semasa hidupnya, sangat banyak jasa dan pemikirannya untuk kemajuan pers di Indonesia. Berikut catatan: H Rida K Liamsi, ditulisnya khusus untuk Pekanbaru Pos Group.

 

PAK Jacob Oetama (alm) bukan hanya seorang tokoh pers.Tapi, dia juga peletak dasar dan pelopor industri pers di Indonesia.

 

Dengan Harian Kompas dan Gramedia group-nya, dia berhasil membangun kerajaan bisnis media dan menjadikannya sebagai salah satu Konglomerat media di Indonesia.

 

Industri pers yang dia bangun adalah kekuatan yang menentukan arah industri pers di Indonesia. Karena itu ada anggapan, kalau runtuh group Kompas maka runtuhlah industri pers Indonesia. Kalau Kompas masih terbit, maka media cetak di Indonesia masih hidup.

 

Karena itu, kebijakan bisnis Kompas dijadikan acuan. Mulai dari gaya manajemen, pengembangan teknologi IT nya sampai ke teknologi grafika dan lainnya. Semua melihat apa yang dilakukan Kompas.

 

Misalnya soal format dan wajah koran. Ketika muncul tren koran compact (tabloid plus 7 kolom) atau Broachseet muda, koran 7 kolom, dan berbagai revolusi dalam bidang lainnya. Industri pers Indonesia melihat apa yang dilakukan Kompas Group, termasuk era multimedia ini.

 

Dan, semua itu tentu tak terlepas dari sentuhan dan kebijakan strategis Jacob Oetama sebagai pemimipinnya. Tak ada yang berani menggantikannya sebagai Pemimpin Umum, sampai dia sendiri yang mundur dan memberi kursi itu kepada penerusnya.

 

Tapi Pak Jacob sangat rendah hati. Sangat familier. Sangat mudah berbagi cerita dan kiat sukses.

 

Beberapa buku tentang pers yang dia tulis, adalah kitab panduan kehidupan pers dan jurnalistik di Indonesia.

 

Kompas Group, Jawa Pos Group dan Tempo Group adalah raksasa media yang memberi warna dan arah perkembangan bagi pers Indonesia. Dan, ketiganya sangat setia untuk saling menjaga agar tidak saling mematikan, termasuk dalam perebutan SDM bidang pers yang handal.

 

Selamat jalan Pak Jacob. Semoga jasanya mendapat balasan yang setimpal dari Yang Maha Pengasih.

 

Tulisan ini Diterbitkan Koran Pekanbaru Pos Edisi 9 September 2020



++ Lainnya »

++ Indeks »